Mutiara Kata

Melalui tag atau tema halaman-halaman blog ini saya mengagumi bagaimana eyang kakung dengan rapi menyimpan dan menyusun dengan rapi ungkapan, perbahasa, nasehat yang sudah dinyatakan  oleh orang sejak jaman dahulu.

Mengapa kata mutiara, nasehat, peribahasa, ungkapan, perumpamaan-perumpamaan masih bisa menyentuh seseorang meskipun sudah berusia puluhan, ratusan bahkan ribuan tahun?
Karena kita manusia mempunyai kebutuhan yang sama dari jaman-kejaman. Kebutuhan yang lebih daripada fisik tetapi non fisik. Kebutuhan nonmaterial boleh dianggap misteri tetapi nyata. Kebutuhan akan keseimbangan batin, kebutuhan pencerahan kepribadian,an mencari jalan yang lurus  Kebutuhan akan kedamaian dab kebahagiaan.

Hal-hal universal, melewati ruang dan waktu hal hal yang memerdekan batin, bahkan ada yang berucap hal yang melebihi agama, hal yang spiritual.  Apakah ini menjadi kebutuhan, atau datang dengan sendirinya. Pencarian pencarian pencarian adalah kata yang sering kita dengar dari mereka yang mendahului, bahkan ketika mendapatkan mereka belum tentu mengatakan, apalagi berucap selesai. Karena ini tak pernah berakhir.

Yang kita baca itu mungkin benar tapi ia bukan kebenaran. Karena Kebenaran tidak akan mampu dijelaskan dengan kata-kata atau tuilisan. ia hanya butir-butir melihat yang benar, mungkin juga butir-butir untuk melihat yang bukan benar.

No comments:

pertanda bukan sinyale man